Cara Praktis Kelola Keuangan di Bulan Ramadhan

Tidak ada komentar 839 views

Puasa ramadhan bagi umat muslim didunia, termasuk umat muslim di Indonesia adalah bulan yang istimewa. Puasa bukan sekedar kewajiban tahunan dengan menahan lapar dan berbuka. Puasa merupakan satu cara untuk mendidik individu dan masyarakat untuk tetap mengontrol keinginan dan kesenangan dalam dirinya walaupun diperbolehkan.

Dengan berpuasa seseorang dengan sadar akan meninggalkan makan minum sehingga dapat menahan hawa nafsu dan lebih bersabar untuk menahan emosi, walaupun mungkin terasa berat melakukkannya.

Bulan Ramadhan identik dengan bulan penuh berkah. Tentunya selain beribadah, bulan Ramadhan juga menjadi pertanda semakin mendekatnya waktu pembagian THR atau Tunjangan Hari Raya. Mulai dari bulan Ramadhan inlah biasanya toko-toko mulai menawarkan diskon-diskon yang menggiurkan.

Sudah menjadi permasalahan klasik di Indonesia jika pengeluaran selama bulan ramadhan akan membengkak. Disamping harga-harga bahan pokok tiba-tiba melangit, godaan berbelanja terasa sulit untuk dikendalikan.

Bahkan, tidak jarang akhirnya membeli banyak barang dan tanpa sadar menghabiskan uang THR. Bagaimana cara menyiasatinya agar di akhir bulan Ramadhan dan di saat lebaran kamu tidak mendadak kekurangan uang?

aditya_wicak / Pixabay

Mengendalikan keinginan mirip dengan berpuasa mengendalikan hawa nafsu

Biasanya keinginan untuk berbelanja semakin mem-“bludak” dengan semakin mendekatinya akhir bulan Ramadhan, atau mendekati waktu lebaran. Oleh karena itu, coba mulai perhitungkan di awal bulan Ramadhan ini, apa saja yang menjadi pengeluaran utama atas kebutuhan kamu selama sebulan ke depan seperti zakat (bagi kaum muslim), ongkos pulang kampung, THR asisten rumah tangga, angpau atau “THR” untuk sanak saudara, kue dan makanan khas Idul Fitri, dan untuk lebaran kali ini, para orang tua juga perlu mengalokasikan uang untuk sekolah putra-putrinya.

Kemudian, jangan lupa untuk tetap mengalokasikan uang kamu untuk kebutuhan bulanan seperti listrik, air, telepon, dan sebagainya. Daftar pengeluaran yang telah dibuat kemudian digunakan sebagai acuan untuk mengalokasikan anggaran  ketika THR dibagikan.

 

Memiiliki Tabungan untuk Ramadhan dan Lebaran

Bulan puasa ramadhan bisa diprediksi setiap tahunnya dengan pengeluaran yang lebih besar daripada bulan-bulan biasanya dalam setahun. Kita sudah tahu pengeluaran yang akan dikeluarkan seberapa banyak yang diiringi kenaikan harga bahan pokok.

Alangkah lebih baik kita memiliki tabungan khusus menjelang ramadhan atau dana khusus yang disiapkan untuk mengahadapi puasa ramadhan. Tabungan tersebut dipergunakan menjadi dana cadangan untuk pengeluaran khusus yang tidak rutin selama bulan ramadhan dan lebaran.

Perlunya evaluasi dari bulan ramadhan sebelumnya, Apabila kita memiliki pengalaman yang tidak mengenakkan dikarenakan kurang persiapan dalam perencanaan keuangan menghadapi bulan ramadhan, dicari dimana pengeluaran-pengeluaran tersebut, dari pos mana saja?

Dari sana kita bisa belajar dari pengalaman untuk mengelola keuangan yang baik. Agar rezeki yang kita peroleh bisa manfaat bagi kita semua diperlukan disiplin dalan merencanakan,menjalankan dan mengelola keuangan keluarga.

Unsplash / Pixabay

Unsplash / Pixabay

Baju baru alhamdulilah, tuk dipakai di Hari Raya.

Buat kamu yang lahir di tahun 1990-an atau sebelumnya mungkin cukup mengenal lirik lagu tersebut. Lanjutan dari lirik lagu tersebut adalah “Tak punya pun tak apa-apa”. Artinya, tidak selalu harus memiliki baju baru atau barang-barang baru lainnya pada saat lebaran karena esensi Idul Fitri adalah kembali sucinya kamu setelah berpuasa selama sebulan.

Keinginan untuk membeli barang-barang baru di hari lebaran tentunya dapat pula muncul karena banyak diskon. Hindari menjadi impulsive buyer (pembeli yang impulsif) dengan membuat daftar barang-barang yang kamu ingin beli di kesempatan seperti ini sebelum bepergian ke mall ataupun ke pasar. Namun, tetap telitilah ketika membeli barang diskonan mulai dari harga hingga kualitasnya.

Terakhir, bawa terus daftar rencana pengeluaran dan alokasi anggaran ketika berbelanja dan kendalikan diri untuk membeli barang-barang yang kamu inginkan dan tidak terdapat dalam daftar!

Tinggalkan pesan "Cara Praktis Kelola Keuangan di Bulan Ramadhan"