Cara Menabung Dengan Cepat Untuk Mencapai Rp 1 Milyar

Tidak ada komentar 4116 views

Menabung, oke istilah ini sebenarnya ironis. Secara definisi “menabung” ini gampang untuk dipahami namun susah banget untuk dilakukan. Setuju? 🙂

Lalu bagaimana cara menabung dengan cepat dan benar?

Oke, slow down dulu bro.

Secara istilah, kalau tidak salah menabung adalah aktivitas menyimpan dan mengumpulkan uang untuk suatu motif ekonomi, misalnya untuk pergi berlibur atau membeli suatu benda yang diinginkan sejak dulu.

Menabung merupakan salah satu cara mudah untuk memperoleh kekayaan secara finansial, namun sekaligus sulit karena dibutuhkan niat serta konsistensi dalam melakukannya. Embeeeer!. 🙂

Bagi sebagian orang, termasuk kamu? menabung terasa sulit dilakukan karena jumlah pengeluaran sehari-hari yang lebih besar dari pemasukan. Mengapa bisa terjadi? Tentunya ada banyak faktor, seperti pekerjaan yang tidak memberikan hasil yang setimpal, sulit menahan keinginan untuk belanja sehingga menjadi boros pengeluaran, atau menabung dianggap sebagai sesuatu yang merepotkan untuk dilakukan.

Menurut salah satu pakar finansial, Managing Director dari situs pembanding produk keuangan di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa memang untuk menabung dengan efektif diperlukan perencanaan yang matang.

Tentunya beberapa orang yang tidak begitu melek finansial atau tidak suka membuat perencanaan matang akan cenderung mengabaikan aktivitas menabung.

“Ketika kita berpikir bahwa yang penting uang sekarang cukup untuk menghidupi hari ini saja, saat itulah kita membuat diri semakin menjauh dari aktivitas menabung. Bagi pemula ataupun yang sudah melek finansial, ada beberapa prinsip menabung yang sebenarnya mudah dilakukan tanpa berpikir terlalu panjang,” kata Jay.

Pada dasarnya, saat menabung kamu perlu memiliki tujuan yang jelas dan menghitung jumlah uang yang perlu ditabung setiap periode untuk mencapai jumlah tersebut.

Namun, bagi yang belum memiliki tujuan menabung yang jelas, mereka akan menganggap menabung sebagai hal yang merepotkan dan keinginan untuk menabung akan hilang secara perlahan. Kamu? 🙂

Oleh karena itu, buat kamu yang merasa pusing karena menabung itu dianggap ribet, setidaknya ada 4 cara menabung yang mudah untuk diterapkan sehari-hari tanpa membuat perencanaan yang detil, simak yaaa..

stux / Pixabay

stux / Pixabay

 

 

Cara pertama,

Secara disiplin sisihkan 20% dari berapapun penghasilan kamu ke dalam rekening terpisah. Jika dianggap berat, kamu bisa menyesuaikan persentase tersebut. Namun disarankan agar menabung setidaknya 10% dari total penghasilan.

Jauhkan akses kamu terhadap buku tabungan atau kartu debit rekening tersebut agar tidak mudah tergoda untuk menggunakan rekening tabungan tersebut. Bisa juga minta tolong istri atau pacar kamu yang pegang ATM! Loh ini kelihatannya bercanda, tapi sebenarnya manjur menurut pengalaman banyak pihak. 🙂

 

Kedua, lakukan otomatisasi,

Supaya gampang, terapkan otomatisasi tabungan sebagai cara mudah kedua. Kamu bisa bertanya kepada mbak teller/CS di bank tempat kamu menabung untuk fasilitas auto-debit setiap tanggal tertentu.

Tapi ini tergantung kebijakan bank, kamu bisa menentukan besaran yang ditransfer secara otomatis dari rekening utama ke rekening tabungan. Dengan begini, kamu tidak perlu repot memikirkan untuk memindahkan uang ke rekening tabungan setiap bulan.

menabung

Image via pixabay.com

Ketiga, Sisihkan di awal bulan,

Cara ketiga adalah menggunakan konsep penyisihan penghasilan di awal menerima pemasukan. Contohnya, jika kamu menerima gaji dari kantor setiap tanggal 29 dan berencana menabung 20%, maka pisahkan jumlah yang akan ditabung itu tepat di hari yang sama.

Jika kamu melakukan sebaliknya, maksudnya membiarkan uang di rekening berkurang untuk kebutuhan sehari-hari hingga mencapai sisa 20%, maka kemungkinannya sangat besar alias mustahil kamu biasa menyisihkan sesuai target 20% untuk ditabung.

Kalau memisahkan uang sejak awal, kamu punya persepsi bahwa sisa 80% dari pemasukan adalah pemasukan yang sesungguhnya. Hal ini akan membuat kamu berusaha untuk lebih bijak memanfaatkan sisa uang tersebut, sehingga tabungan yang kamu miliki juga tidak terganggu.

 

Cara Keempat,

Konsistensi itu penting!. Yang terakhir adalah konsisten menabung sedikit demi sedikit untuk menjadi ‘bukit’. Misalkan setiap bulan kamu hanya menabung Rp 500 ribu. Sepintas jumlah ini mungkin tidak terlihat besar, namun coba kamu kalikan dalam setahun (12 bulan), jadi Rp 6 juta di rekening tabungan. Coba kalau masih konsisten dalam 10 tahun, tabungan kamu akan membengkak menjadi Rp 60 juta, dan dalam 30 tahun akan menjadi Rp 180 juta. Lumayaan kaan, dari pada lu manyuun! J (faktor bunga diabaikan untuk mempermudah ilustrasi).

Bayangkan jika kamu lebih bijak lagi dengan menambah jumlah yang ditabung dari Rp 500 ribu menjadi Rp 1 juta. Bisa jadi tabungan sebesar Rp 360 juta dalam 30 tahun.

Bahkan, Jika kamu rajin dan bisa menabung setidaknya Rp 3 juta per bulan, maka aset tabungan sebesar Rp 1 Milyar bukanlah mimpi belaka di akhir masa produktif (usia kerja).

Manisnya, nilai ilustrasi tadi tentu bisa lebih besar lagi mengingat faktor bunga diabaikan plus keadaan ekonomi Negara kita yang diharapkan terus membaik. Amin!

Ok, this is it. Dari ilustrasi tadi, semoga kamu bisa realisasikan dengan menerapkan 4 cara menabung dengan mudah di atas. Bijaklah mengumpulkan tabungan agar kamu bisa mencapai kesejahteraan finansial kelak. Salam Sukses! 🙂

 

Tinggalkan pesan "Cara Menabung Dengan Cepat Untuk Mencapai Rp 1 Milyar"