4 Cara Hemat Buka Puasa Bersama

Tidak ada komentar 2698 views

Pada bulan Ramadhan, salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mayoritas umat Muslim yang tidak berhalangan adalah melakukan puasa. Kegiatan menahan diri dari godaan dan hawa nafsu tersebut dilakukan selama sebulan penuh sebelum hari raya kemenangan – Idul Fitri – tiba.

Selama puasa, tentu waktu yang paling ditunggu-tunggu adalah berbuka, baik buka puasa sendiri maupun buka puasa bersama. Berbeda dengan buka puasa sendiri, buka puasa bersama cenderung identik dengan pengeluaran yang cukup tinggi. Jika semakin sering dilakukan, maka dompet kamu juga bisa semakin tipis dengan cepat.

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa buka puasa bareng bersama yang sering dilakukan di restoran, baik itu bersama dengan teman-teman maupun keluarga, dapat menyebabkan kamu menjadi boros.

“Boros! Sering makan bersama di restoran akan menyebabkan kamu cepat boros. Namun, agar buka puasa bersama bisa tetap enak tapi tidak begitu ada mahal, ada beberapa tips yang bisa saya berikan untuk kalian semua,” kata Jay.

bisnis restoran

Unsplash / Pixabay

Bagi kamu penggemar kuliner yang akan buka puasa, berikut ini cara untuk hemat buka puasa rame-rame hingga jutaan rupiah!

Carilah Set Menu Yang Lebih Murah

Tips pertama, carilah set menu. Restoran dan rumah makan sering membuat set menu yang harga satuan makanannya jauh lebih murah dibandingkan jika kamu memesannya secara terpisah. Bulan puasa merupakan momen yang tepat bagi para restoran dan rumah makan tersebut untuk menyediakan set menu khusus Ramadhan, jadi kamu bisa menemukan paket yang tepat dengan sedikit melakukan browsing di internet.

 

Menu Yang Bisa Bayar Bersama

Tips kedua, gunakan sistem makan tengah atau patungan. Carilah restoran atau rumah makan yang menyediakan makanan yang bisa dibagi beramai-ramai, misalnya ikan, sayur-sayuran, dan sebagainya. Dengan sistem makan patungan ini, harga yang dibebankan ke setiap orang akan jauh lebih murah.

 

Coba Sistem Pot Luck

Tips ketiga, cobalah sistem Pot Luck. Ini tidak dilakukan di restoran atau rumah makan, tapi cukup di tempat salah satu teman atau keluarga. Masing-masing orang yang akan buka puasa bersama membawa satu jenis makanan yang cukup untuk dikonsumsi oleh seluruh peserta, dan setiap peserta saling berbagi makanan yang mereka bawa satu sama lain.

 

Manfaatkan Promo Kartu Kredit

Tips keempat dan terakhir, bagi kamu yang tetap ingin makan di restoran, adalah menggunakan kartu kredit. Rajinlah melihat promo kartu kredit, karena restoran sering menawarkan harga diskon atau cashback jika kamu melakukan transaksi dengan kartu kredit. Cara ini sangat cocok digunakan untuk buka puasa bersama, karena sering terdapat syarat minimum transaksi untuk memenuhi ketentuan promo kartu kredit tersebut. Untuk menemukan kartu kredit yang tepat, kamu bisa memanfaatkan situs HaloMoney.co.id.

Pastikan agar arus kas kamu selama bulan Ramadhan ini tetap terjaga untuk memenuhi pengeluaran bulan Ramadhan yang lain. Untuk mencari tempat makan yang bisa bikin kamu kenyang dan tetap hemat sekaligus tips kuliner hemat lain, download langsung panduan kami di sini.

Tinggalkan pesan "4 Cara Hemat Buka Puasa Bersama"