Inilah Bulan yang Paling Tepat untuk Membeli Mobil

4 comments 5413 views

Coba sedikit luangkan waktu untuk cermati, dalam satu tahun tidak hanya harga sembako, harga jual mobil pun bisa cukup fluktuatif mengikuti kondisi pasar. Istilah seriusnya adalah disebabkan oleh demand and supply.

Lalu kapan waktu terbaik kita untuk membeli mobil?

Bulan apa yang terbaik untuk membeli mobil dengan harga paling murah?

Sori, sebelum itu yang perlu kamu tentukan adalah, ingin beli mobil baru atau bekas?

 

 

Mobil Bekas vs Mobil Baru, Tentukan Tujuan Kamu?

Jadi begini…

Sebelum hari raya Idul Fitri, membeli mobil ternyata merupakan nilai tersendiri dan kebanggaan bagi sebuah keluarga yang akan pulang ke kampung halaman, selain membeli mobil di fungsikan untuk menunjang pekerjaan ternyata juga sebagai sebuah reputasi dilingkungan kampung halaman. Setuju? ๐Ÿ™‚

Jika kamu ingin membeli mobil baru sebaiknya 2-3 bulan sebelum lebaran, hal ini berfungsi untuk mempersiapkan kondisi mobil dan kesiapan dealer tentunya.

Jangan pernah membeli mobil menjelang H-7 atau seminggu sebelum hari H, karena bisa jadi tipe mobil yang kamu inginkan sudah habis stoknya.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah, proses surat-surat mobil akan selesai dalam waktu 2-3 bulan. Setelah proses pembelian, kamu juga berhak menerima plat nomor jalan sementara yang berlaku selama 30 hari.

Surat-surat adalah bagian terpenting bagi ketika kita berkendara, apalagi pada saat perjalanan mudik yang cukup jauh.

Meditations / Pixabay

Namun beda hal dengan yang ingin membeli mobil bekas, sebaiknya kamu membelinya setelah lebaran usai. Kenapa begitu?

Seperti sudah hukum alam, harga kendaraan khususnya mobil second, begitu biasa disebut, selalu turun usai Hari Raya/Lebaran.ย  Penurunan harga mobil ini menjadi magnet bagi peminat mobil bekas.

Bahkan kecenderungannya, banyak orang mulai melirik mobil bekas sebelum lebaran, namun tetap menahan diri untuk kemudian membeli setelah lebaran. Dan menurut saya itu CERDAS! ๐Ÿ™‚

Faktor lain yang menyebabkan fenomena ini adalah, karena bulan Ramadhan berdekatan dengan masa libur dan tahun ajaran baru. Mayoritas masyarakat lebih memilih mempersiapkan kebutuhan lebaran, dan kebutuhan lain daripada membeli mobil.

Yakinlah! kalau kamu mencari mobil bekas idaman. Tahan dulu setelah lebaran, di bulan Agustus-September adalah waktu yang tepat untuk berburu mobil bekas idaman. ๐Ÿ™‚

Kesimpulan bulan yang tepat untuk membeli mobil baru:

  1. Secara logika, sudah pasti setiap bulan setiap sales marketing mobil memiliki target. Di akhir bulan para sales yang belum mencapai target akan memberikan tawaran yang menarik.
  2. 2-3 bulan sebelum lebaran, selain demand kepemilikan mobil belum tinggi, kesiapan untuk surat-surat dan plat nomor lebih dapat diantisipasi.
  3. Akhir Tahun, selain mayoritas target sudah tercapai, para dealer akan banting harga untuk menghabiskan ‘stock produksi’ karena diawal tahun biasanya akan diluncurkan versi upgrade dari produknya.

 

Kesimpulan bulan yang tepat untuk membeli mobil bekas:

  1. 1-2 bulan setelah lebaran, tentunya demand kepemilikan mobil menurun drastis, dan para dealer mobil bekas ataupun perorangan lebih ‘rela’ melepas mobilnya dengan harga murah.
  2. Awal tahun menjadi menarik untuk hunting mobil bekas, karena para dealer ATPM tengah giat mempromosikan model atau produksi terbaru dari produknya. Alhasil fokus konsumen beralih ke pembelian mobil baru, sehingga tidak menutup kemungkinan mereka menjual mobilnya, nah disinilah peluang untuk mendapatkan harga murah muncul!

Semoga cukup jelas, dan silakan apabila ingin menambahkan, via kolom comments pada akhir artikel ini. ๐Ÿ™‚

Nah, untuk kamu yang masih bingung menentukan beli mobil bekas atau baru?

dan bingung lebih baik bayarnya tunai atau kredit?

Silakan baca artikel: Mana yang Lebih Baik, Kredit Mobil Bekas Atau Kredit Mobil Baru?

 

 

Sesuaikan Dana dan Tipe Mobil

Yang paling penting dalam memilih mobil adalah harus sesuai dengan dana yang kamu miliki, kamu harus bisa mengukur kemampuan dan menahan diri.

Untuk keluarga kecil bisa saja membeli city car seperti Toyota Agya yang berkisar 100 hingga 150 juta atau Low Cost Green Car (LCGC) lainnya.

Apabila mempunyai dana lebih antara 150-200 jutaan bisa mempertimbangkan MPV seperti Toyota Avanza atau Honda Mobilio yang bisa memuat keluarga lebih besar dan belakangan sedang populer.

Biasanya (dari hasil browsing sana-sini) kecenderungan masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, membeli mobil keluarga berukuran kecil atau city car.

tpsdave / Pixabay

Di blog ini saya tidak akan membahas keunggulan teknisnya, namun dari sisi manfaat secara fungsinya. Di tengah macetnya Jakarta Raya, city car merupakan pilihan yang tepat, hemat dan biasanya dibeli untuk kebutuhan mengantar anak sekolah. Selain itu mobil kecil banyak dicari karena ukuran yang pas untuk masuk lahan parkir.

Sedangkan mobil sejuta umat atau Multiple Purpose Vehicle,ย  justru penjualannya begitu tinggi sebelum masuk Ramadhan karena untuk kebutuhan mudik lebaran.

 

Test Drive Sebelum Membeli

Bagi kamu yang memiliki kemampuan cukup dan ingin membeli mobil baru. Ada baiknya kamu lakukan test drive, supaya lebih mengenal betul mobil yang kamu inginkan.

Bandingkan antara mobil dari ATPM satu dan lainnya walaupun dengan tipe mobil yang sama.

Test drive merupakan cara yang tepat untuk mengetahui kondisi mobil.ย Gunakan kesempatan ini untuk benar-benar mencoba dan merasakan performa mobil.

Secara umum tujuan dari test drive adalah agar calon pembeli mengetahui kondisi mobil yang akan dibeli. Dengan demikian kamu bisa mengetahui keunggulan โ€“ keunggulan serta kekurangan dari mobil tersebut secara langsung sehingga dapat mengambil kesimpulan untuk jadi membeli mobil tersebut atau tidak.

Trust me, hal ini banyak memberikan manfaat namun banyak dari kita yang melewatkannya, padahal tidak ada ruginya bukan. ๐Ÿ™‚

Sedikit tips disini, pada saat kamu melakukan test drive sebaiknya tidak sekedar masuk ke mobil, menyalakan mesin dan menjalankan mobil melainkan sebagai berikut:

  1. Manfaatkan waktu test drive sebaik-baiknya untuk lebih mengenal dan memahami kondisi mobil yang akan dibeli, termasuk interior, eksterior dan handling saat dikendarai.
  2. Tanam dalam benak kamu beberapa hal yang menjadi keterbatasan kamu, semisal ukuran garasi atau tempat parkir dan gambarkan tipe kendaraan yang cocok. Jangan sekedar karena murah, atau sedang nge-tren. Yang pasti, jangan ambil jika tidak memenuhi kebutuhan kamu.
  3. Bandingkan fitur dan spesifikasi dari berbagai merk mobil. Hal-hal seperti dimensi mobil, fuel economy, harga beli dan harga jual kembali. Sempitkan jumlah kandidat untuk mempermudah proses selanjutnya. Hal ini bisa mengurangi risiko expensive mistake, bila sesuatu yang menarik memikatmu di showroom. ๐Ÿ™‚
  4. Periksa sistem keamanan. Keselamatan tentunya prioritas yang utama, kamu harus pastikan untuk memeriksa semua yang kamu bisa. Sensor Parking , blind spot dan masih banyak lagi fungsi fitur keamanan mobil untuk pengguna yang sifatnya mudah dilakukan, dapat kamu praktekkan selama test drive.
  5. Buatlah check list dan lakukan dengan santai tapi serius. Test-drive mendalam seperti ini butuh beberapa jam. Mungkin salesman nya akan bermuka masam macam kanebo kering, abaikan saja karena gak sedikit uang yang akan kamu belanjakan dan mobil ini akan menemanimu dalam waktu yang tidak singkat.ย  Jadi santai tapi serius, kalau salesman mendesak untuk lebih cepat, jelaskan posisi kamu, dan bila tidak berhasil, hubungi manajer. Kalau tidak berhasil lagi, pindah ke dealer lain. :)

Details is matters pada saat kita memang ingin membeli mobil baru. Dengan mencobanya (test drive) akan lebih memantapkan kamu dalam memilih.

 

HOT INFO: Saat ini sedang ada promo dari Toyota, dimana kita bisa melakukan test drive gratis untuk Toyota Agya dan Toyota Innova. Kita cukup submit registrasi pada websitenya, kemudian dealer Toyota terdekat dengan lokasi kamu, akan menghubungi kamu untuk penjadwalan test drive. Silakan klik disini untuk mendaftar test drive Toyota Agya dan klik disini untuk mendaftar test drive Toyota Innova.

 

Sistem Pembayaranย 

Hal yang harus diperhatikan saat membeli mobil adalah mengenai sistem pembayaran, mau di bayar secara tunai atau kredit. Jika budget kamu terbatas,ย  lebih bijaksana jika memilih cara kredit.

Dengan memilih cara bayar kredit kita bisa mengatur perputaran serta pengeluaran sehari hari, dengan catatan hal ini tidak menggangu pos spending kamu yang lainnya.

Namun jika punya dana lebih, kamu bisa sesuaikan jumlah dana yang anda miliki dengan tipe mobil yang dibutuhkan dan ini lebih bagus!

Karena dengan segala fungsi dan manfaatnya, sejatinya membeli mobil itu adalah belanja konsumtif, semakin tidak membahayakan atau tidak mengganggu pengeluaran kamu, maka semakin baik. Sehingga pos pengeluaran tersebut bisa dialihkan untuk hal yang lebih penting seperti dana darurat dan investasi.

Satu lagi, ini bisa berguna buat kamu, saya telah membuat dokumen spreadsheet, berupa checklist yang dapat mengukur kesiapan finansial sebelum kamu membeli mobil. Silakan download gratis, di bawah ini. ๐Ÿ™‚

Terima kasih dan Selamat Membeli Mobil!

  1. author

    ardi1 tahun ago

    berdasarkan pengalaman, membeli mobil baru sewaktu akhir tahun qta bisa mendapatkan diskon yg lebih banyak, soal ny dealer menghabiskan stok produksi tahun tersebut

    Balas
    • author
      Penulis

      blogfinansial1 tahun ago

      Betul sekali, terima kasih sharing pengalammanya, akan ditambahkan pada tulisan ini. Salam ๐Ÿ™‚

      Balas
  2. author

    Wildan8 bulan ago

    Koq tidak bisa di download checklist nya?

    Balas
  3. author

    Ari Sibarani7 bulan ago

    izin share ya bang..

    Balas

Tinggalkan pesan "Inilah Bulan yang Paling Tepat untuk Membeli Mobil"