4 Hal Ini Bisa Bantu Ekonomi Kamu dan Negaramu Lebih Baik

Tidak ada komentar 2602 views

Negara-negara dunia sedang memusatkan perhatian pada isu pertumbuhan ekonomi yang rendah.
Sebagai referensi, pada saat artikel ini ditulis (12/6). Bank Dunia telah dua kali memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi.

Revisi pertama dilakukan pada Januari lalu yang memprediksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini 3 persen dan 3,3 persen untuk tahun depan.

Awal bulan Juni, Bank Dunia kembali merevisi turun proyeksi pertumbuhan ekonomi global, dari 2,9 menjadi 2,4 persen.

Pekan lalu, pemerintah mengubah target pertumbuhan ekonomi Indonesia dari 5,3 menjadi 5,1 persen untuk 2016. Coba cek pemberitaan, angka tersebut muncul pada saat Rapat pembahasan Rancangan APBN Perubahan 2016 antara Pemerintah dengan DPR. 🙂

I do worry about the macroeconomic. UKM slow, Properti komersial mulai kosong. Konsumsi rumah tangga menurun, plus kenaikan harga sembako menjelang lebaran.

Tapi, #Tahukahkamu kalau ingin perekonomian negara ini naik harus lewat pembangunan infrastruktur.

Kenapa Infrastruktur??

Contohnya begini, akses jalanan (baca:infrastruktur) yang bagus merupakan prasyarat untuk menunjang suksesnya segala kegiatan masyarakat terutama kegiatan ekonomi. Jika tidak ditunjang dengan kondisi yang baik, maka distribusi hasil produksi tidak akan berjalan dengan baik karena hasil produksi akan terhambat sampai ke konsumen.

Selain itu pembangunan infrastruktur juga memberikan lapangan kerja, menggerakan ekonomi dan mengurangi biaya-biaya logistik. Makanya perekonomian jadi naik. Kalau perekonomian naik artinya berdampak pada pengurangan kemiskinan dan pengangguran. Multiplier effect!

Dan pemerintah sedang menuju kesitu, dilihat dari state budget kita yang terus digenjot untuk infrastruktur, tinggal gimana realisasinya?! 😓

Tapi kamu musti paham juga, dampak dari infrastruktur, tidak bisa langsung kita nikmati dalam waktu singkat.

Unsplash / Pixabay

Infrastruktur itu bukan mall dan gedung. Tapi pembangkit listrik, jalan, jembatan, bandara, waduk, Tol laut, pelabuhan, dll. Gak bisa cepat. Emang Bandung Bondowoso!

Oke diatas kita ngomongin macroeconomic, dan sebenernya Makro nya gimana sih saya gak tahu. 😜

Tetapi, ada hal positif yang bisa kita lakukan sebagai individu adalah…

Gimana kamu bisa mengoptimalkan #Finplan kamu dengan cara:

1. Spend your money wisely.
2. Savings more.
3. Invest more.
4. and the most important thing is, pay your loans/debt!

4 hal diatas juga bisa dukung pertumbuhan ekonomi loh, walau ga secara langsung.

Dan, kalau kamu ingin berkontribusi langsung ke negara Indonesia tercintaaah..

ada 4 hal yang bisa kamu lakuin, yaitu…

Kurious / Pixabay

1. Bikin NPWP, bayar pajak penghasilan kamu dan laporkan dengan jujur via online.

Via efiling nama populernya. Kenapa dengan pajak? karena dengan itu kamu berkontribusi menambah pundi-pundi kas negara, yang akan di spent untuk belanja produktif (baca: infrastruktur) pemerintah.

#Tahukahkamu dari 250 juta-an penduduk Indonesia, baru sekitar 11 persen atau 27 juta penduduk Indonesia yang memiliki NPWP. Dan #Tahukahkamu dari 27 juta orang itu, wajib pajak yang menyampaikan surat pemberitahuan pajak (SPT) tahunan hanya 10 juta orang. Sangat kecil sekali untuk ukuran negara sebesar Indonesia, bro! 😓

Kalau gak percaya, bisa cek sumbernya disini: Metrotvnews.com

 

2. Berinvestasi di instrumen Surat Utang Ritel dari pemerintah.
Loh kenapa begitu? kok malah dukung pemerintah untuk nambah hutang? gimana anak cucu kita nanti?!

Slow down bro, saya jelasin…

Kalau kenapa negara kita ngutang dan kenapa APBN kita selalu defisit, keknya bukan porsi saya untuk menjawab. Tapi, yang saya tahu, keterlibatan publik dengan punya obligasi ritel bisa membantu negara supaya tidak lagi mengandalkan pembiayaan untuk menutup defisit anggaran dari investor asing.

#Tahukahkamu Jepang sebagai salah satu negara ekonomi maju dunia, memiliki utang juga, tapi hanya 9 persen saja yang dibiayai dari luar negaranya. Sisanya 91 persen melalui pembiayaan dalam negerinya. Keren!

Cek sumbernya disini: Antaranews.com

Jadi negara ngutang, tapi dari penduduknya sendiri, duiitnya masih muter di dalem negeri. Lebih aman buat state budget kita bro!

Toh, bagi kita investornya, untungnya pun lumayan daripada deposito dan di jamin pula oleh negara. googling aja “Savings Bond Ritel, Obligasi Negara Ritel, dan Sukuk Negara Ritel”. 😊

 

3. Jadilah Pengusaha!

Yang ini juga salah satu goal saya dalam hidup (masih karyawan 😅). Negara kita tercintaaaah, membutuhkan lebih banyak pengusaha untuk mendorong penciptaan lapangan kerja dan penggerak ekonomi.

#TahukahKamu Jumlah pengusaha di Indonesia masih kalah tertinggal dibandingkan jumlah pengusaha di negara lain di ASEAN yang rata-rata sudah mencapai 4 persen dari total populasi penduduk.

Jumlah pengusaha di Indonesia baru sekitar 1,6 persen atau belum sebanyak Singapura yang mencapai 7 persen jumlah penduduk, Malaysia 6 persen, Thailand 5 persen, bahkan Vietnam 3 persen.

Kamu bisa cek sumbernya disini: Republika.co.id

4. Kawal pembangunan di sekitarmu.

Bener gak sih uang pajak yang kita bayarkan ke negara bener-bener dipakai untuk bangun Infrastruktur?

Pernah denger UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik?? Sederhananya begini, menurut UU tersebut pemerintah diminta untuk lebih transparan dan menyajikan data/realisasi pelaksanaan pembangunan. Kamu pun bisa minta data langsung ke pemerintah pusat/daerah/kabupaten/desa mu dengan mekanisme itu.

Gampangnya, kamu bisa cek di website pemerintah yang kamu tuju dan kamu cari yang namanya layanan informasi publik atau biasa juga di sebut Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Selain itu, kalau kamu mengetahui atau menemukan pelanggaran atau bahkan hanya ingin menyampaikan keluhan terhadap pelaksanaan pembangunan di sekitar kamu, kamu bisa memanfaatkan layanan online: www.lapor.go.id. Silakan main ke websitenya, sosmednya pun juga ada. 😊

Demikian, inti dari tulisan ini adalah, berbagi pandangan dan pemahaman dari luar bidang kita. Untuk kemudian kita mulai berbuat positif. Dari hal kecil yang positif menjadi hal besar yang berarti! dan yang pasti Untuk Indonesia Yang Lebih Baik lagi!

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan. 😊
Salam,

Fin, editor at Blogfinansial.com

Tinggalkan pesan "4 Hal Ini Bisa Bantu Ekonomi Kamu dan Negaramu Lebih Baik"