Atur Keuanganmu Pada Saat Mudik Lebaran

Tidak ada komentar 1795 views

Mudik di Bulan Ramadhan menjadi sebuah agenda tahunan masyarakat kita. Tentunya kegiatan rutin tahunan (mudik) bukan hanya sekedar perjalanan dan itulah sebabnya jika tidak ada perencanaan yang matang, mudik bisa menjadi ajang yang mengecewakan bagi keuangan kamu. Lalu bagaimana cara merencanakan keuangan saat mudik nanti?

Semua kebutuhan mudik perlu disiapkan, mulai dari kendaraan, perlengkapan dan sebagainya, sedangkan aspek keuangan harus direncanakan jauh hari dan terperinci, terlebih belakangan harga BBM yang naik disusul dengan harga-harga lainnya.

aditya_wicak / Pixabay

Secara sederhana dana yang dipersiapkan dibagi menjadi tiga kebutuhan yaitu biaya transportasi atau perjalanan, biaya kegiatan mudik serta biaya hidup paska mudik dan akan lebih aman jika ada orang yang bertanggungjawab atas masing-masing biaya, semisal urusan biaya transportasi dipegang sang ayah dan uang biaya kegiatan dipegang sang ibu, sedangkan untuk uang paska mudik disimpan di bank.

 

Jika ingin dibuat lebih terperinci lagi, harus dibuat anggaran transportasi, anggaran hadiah atau uang lebaran buat keluarga, rekreasi (termasuk makan di luar bersama keluarga besar dan lainnya) dan perlu juga menyiapkan dana tidak terduga minimal 10 persen dari total anggaran mudik. Untuk itu simak beberapa tips keuangan berikut:

Satu. Hindari menggunakan anggaran mudik dari gaji bulanan kamu yang biasanya diberikan bersamaan dengan THR dari kantor, namun ambillah dari THR dan tabungan mudik yang tentunya telah kamu sisihkan sebelumnya.

 

Dua. Pilihlah jenis transportasi perjalanan yang sesuai anggaran dari jauh-jauh hari dan akan jauh lebih murah bila kita menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Apabila menggunakan kendaraan pribadi periksa dengan teliti. Periksa kelayakan kendaraan pribadi kamu beberapa hari sebelum berangkat, periksa kendaraan kamu di bengkel bila perlu agar kondisi mobil lebih fit dan tidak bermasalah di perjalanan. Bagi kamu yang mudik menggunakan transposrtasi umum, sebaiknya membeli tiket mudik dari jauh hari agar terhindar dari harga tiket yang melonjak karena adanya calo, kehabisan tiket atau berdesakan saat membeli tiket. Dengan membeli tiket jauh-jauh hari terkadang Apabila kamu beruntung bisa mendapatkan diskon harga untuk tiket, contohnya tiket pesawat.

 

Tiga. Bawalah uang tunai secukupnya, dalam artian sesuai dengan keperluan yang sudah kamu hitung mulai dari berangkat, tiba di kampung hingga pulang kembali.

 

Empat. Saat di perjalanan, janganlah menyimpan uang hanya pada satu tempat, misalnya beberapa uang di dalam tas kamu dan yang lain di saku pakaian ataupun celana kamu.

 

Lima. Gunakan kartu kredit hanya untuk darurat. Siapkan uang tunai atau dalam bentuk kartu debit dan gunakan kartu kredit hanya dalam keadaan darurat di luar perkiraan, misalnya saja mobil kamu bermasalah dan harus masuk bengkel.

 

Enam. Lakukanlah pengecekan kendaraan maksimal sebelum pulang untuk mencegah terjadinya mogok maupun kerusakan di jalan raya, dan

 

Tujuh. Lebih baik membawa makanan, cemilan dan minuman sendiri karena ada kecenderungan makanan dan minuman selama perjalanan atau tempat-tempat perhentian dijual dengan harga yang tinggi. Dengan membawa bekal sendiri, kita dapat menghemat pengeluaran.

Demikian tips sederhana dalam merencanakan keuangan pada saat mudik nanti. Tahukah kamu menurut survey yang dilakukan oleh Citi FinQ, sejumlah 83% orang Indonesia membuat perencanaan keuangan. Sayangnya, hanya 25% orang Indonesia yang disiplin dalam menjalankan anggaran tersebut.

Supaya mudik kita nyaman, yuk kita buat perencanaan keuangan yang baik dan tentu saja disiplin dalam mematuhinya. Intinya, kedisiplinan dapat mencegah penyesalan di masa depan.

Nantikan tips keuangan lainnya dari kami dan selamat mempersiapkan perjalanan mudik. Salam 🙂

Tinggalkan pesan "Atur Keuanganmu Pada Saat Mudik Lebaran"