3 Aplikasi ini Bisa Bantu Kamu Hemat Pengeluaran

Tidak ada komentar 5924 views

Seperti halnya keluarga saya, saya yakin akan lebih bermanfaat apabila pengeluaran rutin rumah tangga dapat lebih kita hemat. Tentu tidak mudah, tapi bisa dilakukan. Satu hal yang bisa sangat membantu adalah dengan menggunakan budgeting software, yaitu software untuk mengatur anggaran belanja bulanan kita, dengan itu kita dapat hemat pengeluaran dengan mudah.

Banyak keluarga mengalami dsebut sebagai “faktor latte,” yaitu banyak pembelian kecil yang menambah pengeluaran secara menerus dan menguras keuangan. Tetapi dengan menggunakan bantuan aplikasi atau software, kamu dapat menghilangkan faktor latte tersebut dari keuangan bulanan kamu, dan membuat anggaran belanja Anda tetap prima! Prima, kayak olahraga 😀

Dulu, budgeting software cenderung rumit dan susah digunakan. Namun, kini software tersebut memiliki tampilan yang intuitif, sederhana, dan sangat mudah digunakan. Berikut adalah beberapa pilihan budgeting software.

 

YouNeedABudget.com

Software ini dapat digunakan di komputer berbasis Windows ataupun Mac. YouNeedABudget.com sendiri mengklaim bahwa metode penganggaran belanja mereka “telah membantu ribuan orang mengontrol keuangan mereka.”

Anda dapat mencoba versi lengkapnya dengan semua fitur-fiturnya secara gratis selama 34 hari. Fitur tersebut termasuk penggunaan Cloud Sync, sehingga Anda dapat memperoleh informasi di mana pun selama disana tersedia koneksi internet. Software ini juga sudah tersedia di iPhone maupun Android sehingga ketika Anda sedang berada di perjalanan, Anda tetap dapat mengakses informasi anggaran belanja Anda..

 

Salah satu hal yang YouNeedABudget.com telah berhasil buktikan adalah banyak orang yang berhasil memulai menabung sampai dengan $ 200 dalam satu bulan pertama. Kemudian, dalam sembilan bulan, mereka berhasil menghemat $ 3.300.

Waduh, Jika kamu termasuk orang yang bergantung pada gaji bulanan, hal ini sungguh mengesankan. Singkat cerita aplikasi ini mendorong kamu untuk menggunakan anggaran yang tidak membuat kamu menghabiskan terlalu banyak uang dan juga akan membantu kamu mencapai titik keuangan yang diinginkan.

 

Quicken

Quicken mengklaim sebagai aplikasi keuangan pribadi nomor satu. Salah satu alasan untuk memilih Quicken adalah kamu dapat menghubungkan aplikasi ini dengan bank Anda untuk mengelola rekening dengan mudah. Orang-orang menggunakan Quicken karena biaya mereka dapat diurutkan ke dalam beberapa kategori, rekening dalam bentuk rupiah maupun persentase dengan interface yang menarik dan berwarna-warni. Sangat mudah untuk mengetahui kemana uang kita pergi. Entah, meskipun kamu seorang “otak kiri” atau “otak kanan”, aplikasi ini adalah salah satu software yang tepat dan mudah dimengerti. Sangat user friendly.

Software ini akan mengatur anggaran bulanan untuk Anda berdasarkan riwayat terdahulu, dan kamu tetap dapat menyesuaikan anggaran serta merencanakan titik keuangan yan diinginkan di masa depan. Program ini bekerja secara “real time” sehingga kamu akan tahu persis berapa banyak uang yang kamu miliki di rekening dan apa yang harus kamu lakukan dengan budget kamu.

 

Aplikasi versi mobilenya juga tersedia sehingga mudah untuk mengatur keuangan meskipun sedang berada di perjalanan.

 

Mint.com

Mint adalah budgeting software yang terkenal dan banyak diminati. Mint.com tersedia secara gratis, gak ada biaya untuk menggunakan software ini. Mint.com telah menerima rekomendasi positif dari The New York Times, The Wall Street Journal dan Money (Majalah).

Mint.com juga tersedia dalam aplikasi mobile untuk iPhone, iPad, dan Android, sehingga mudah untuk mengatur keuangan  dimanapun kita berada. Kita dapat menimbang dengan lebih bijak sebelum melakukan pembelian yang dapat mengacaukan anggaran belanja bulanan, karena kita selalu mempunyai informasi mengenai kontrol budget kita.

Salah satu alasan orang suka menggunakan Mint.com adalah informasi tetap aman. Software ini hanya membaca informasi yang kamu masukkan kedalamnya. Kamu sendiri tidak dapat memindahkan informasi keuangan yang masukan di Mint.com, begitu juga orang lain. Hal ini bagus untuk keamanan dan perlindungan. Bagi beberapa negara, software ini akan menghubungkan Anda dengan rekening keuangan secara real-time hanya menggunakan sandi akun Mint.com Anda.

Sama seperti Quicken, Mint.com menggunakan diagram untuk menunjukkan kemana uang pergi. Hal ini bermanfaat untuk orang-orang “otak kanan” serta “otak kiri” yang sama-sama nyaman melihat kolom dipenuhi angka dan persentase. Akan sangat membantu mengendalikan pengeluaran kamu ketika melihat diagram dan ternyata kamu menyadari bahwa sudah terlalu banyak uang yang kamu habiskan untuk hal yang kurang bermanfaat.

 

Last but not least

Ingatlah bahwa tidak ada budgeting software yang akan benar-benar berfungsi kecuali kamu menggunakannya secara teratur. Luangkan waktu untuk memasukkan informasi keuangan dan data yang disediakan dengan cermat. Hal ini dapat membantu kamu menetapkan titik keuangan yang diinginkan, baik rencana jangka pendek ataupun jangka panjang. Selamat berjuang untuk kebebasan finansial!

Tinggalkan pesan "3 Aplikasi ini Bisa Bantu Kamu Hemat Pengeluaran"