About us

Halo!

fin at blogfinansial.com

Fin at blogfinansial.com

Teman-teman bisa memanggil saya dengan ‘Fin’ founding editor dari blogfinansial.com
Saya tinggal di Jakarta, dengan istri dan kedua anak laki-laki saya. And yes! I’m a Family Man.
Sama seperti kamu, pembaca blog ini, di internet saya mencari solusi tentang bagaimana merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik.

Saya bukan perencana keuangan professional, ataupun karyawan dari konsultan finansial.
Saya hanya seorang manusia, yang diberikan amanah sebagai kepala keluarga. Tentunya saya ingin membawa keluarga saya menuju kualitas finansial yang lebih baik, dan sampai sekarang sedang berjuang untuk itu.

 

 

Kenapa saya memulai blog ini?

Usia saya sekarang 30 tahun, dan sebelumnya saya kurang bijak dalam mengelola dua hal, satu “waktu” dan dua “uang”.

Namun, saya percaya tidak ada kata terlambat, semua orang bisa mendapatkan kondisi finansial yang baik, asalkan mau untuk berubah dan berusaha.

Tiga tahun terakhir, setelah saya menikah, dengan meningkatnya “fase hidup” tentunya meningkat juga kebutuhan. Titik inilah saya menyadari pentingnya perencanaan keuangan, terlebih apabila bisa dilakukan sejak dini. Saya terus belajar dan belajar, diikuti dengan peng-aplikasi-an dari teori yang saya pelajari dalam kehidupan saya.

Alhamdulillah progresnya cukup terasa, namun seperti saya sebutkan sebelumnya, disini saya masih berjuang untuk keluarga saya.

Kenapa dahulu saya tidak “melek finansial”?

Ada banyak faktor:
Bisa jadi lingkungan, darah muda yang cenderung konsumtif, atau mungkin tidak banyak media informasi finansial seperti blog ini tiga tahun lalu?

Saya kurang paham data spesifiknya, tapi asumsi saya, masih banyak orang yang seperti saya dahulu, seperti kebanyakan masyarakat kita yang belum “melek finansial”.

Blog ini merupakan media berbagi informasi finansial bagi teman-teman semua. Sebagian dari tulisan merupakan pengalaman saya pribadi dan juga dari berbagai sumber yang telah saya pelajari.

 

 

Fokus untuk masa depan

Setiap dari kita, berawal dari lingkungan yang berbeda. Kita tidak bisa mengubah masa lalu, tapi kita dapat merencanakan dan mengelola keuangan untuk mempersiapkan masa depan.
Saya yakin kamu pasti mempunyai keinginan untuk: ingin menutup semua utang, ingin menikah, ingin membeli rumah, atau bahkan memiliki anak.

Mungkin juga kamu ingin berlibur ke luar negeri sebelum mengakhiri masa lajang. Atau mungkin Ingin mengisi rumah dengan perabotan mahal.

Tidak ada yang salah, malah bagus kamu atau saya mempunyai tujuan.
Apapun tujuan kamu, semoga saya atau blog ini dapat membantu.
Terakhir, yang namanya personal finance tentu saja sifatnya “personal“.

Maksud saya begini, pada saat kamu membaca salah satu atau semua artikel dalam blog ini, belum tentu semuanya dapat kamu aplikasikan, pilihlah yang sesuai dengan “kondisimu” atau apabila kurang jelas, tinggalkan pertanyaan di akhir artikel, saya akan coba jawab semampu saya.
Kita belajar kebiasaan mengelola keuangan mulai dari anak-anak dari orang tua dan lingkungan kita. Pada saat kita dewasa dan harus mengelola uang kita sendiri, bisa sulit bagi sebagian orang untuk meninggalkan kebiasaan jelek.

Sama seperti saya, yang mempunyai pengalaman kurang baik. Tapi, bukan berarti tidak mungkin bagi kita untuk memperbaikinya.
Saya yakin setiap orang berhak berjuang untuk tujuan hidupnya. Tentunya selain ikhtiar diikuti dengan ibadah dan amal. Selanjutnya, barulah kita pasrahkan kepada Tuhan.

Mari kita belajar merencanakan keuangan bersama. Salam sukses!


 

1 Agustus 2015
Fin
BlogFinansial.com | Your Daily Dose of Financial Freedom