Efek ASIAN GAMES pada Perekonomian RI

The merchandise of Asian Games Jakarta Palembang 2018. The 3 doll mascots; Atung the Bawean deer, Kaka the Javan rhinoceros, and Bhin-bhin the Papuan bird of paradise.

Jakarta, Sektor Konsumen dalam ajang Asian Games 2018 berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) juga menilai bahwa pertumbuhan juga diikuti oleh keterlibatan usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM selama multievent.

“Saya melihat acara ini sangat membantu pertumbuhan kami. Saya yakin kenaikannya cukup bagus. Tapi itu tidak sampai dua digit, tetapi cukup signifikan,” kata Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Rosan P. Roeslani di Jakarta, kemarin.

Seperti diketahui, selama Asian Games 2018, Pemerintah memilih 15 perusahaan dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai pemegang lisensi untuk memproduksi dan menjual barang dagangan resmi Asian Games 2018. Pemilu ini untuk memberikan dampak yang lebih besar pada perekonomian Indonesia.

Sementara itu, berdasarkan perhitungan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dampak ekonomi langsung Asian Games 2018 adalah Rp. 45,1 triliun.

Akuisisi ini dihitung dari segi pengeluaran pengunjung, investasi infrastruktur pendukung, dan pengoperasian acara, mulai dari persiapan tahun 2015 hingga acara berlangsung mulai 18 Agustus 2018.

Dampak ekonomi dari pengeluaran pengunjung selama mereka tinggal di Indonesia diperkirakan mencapai Rp. 3,6 triliun dengan komposisi pengeluaran 88 persen berasal dari penonton dan wisatawan.

Selanjutnya, 4,67 persen dari pengeluaran oleh atlet, 3,96 persen dari pengeluaran awak media, 2,34 persen dari pengeluaran resmi, dan 0,77 persen dari pengeluaran sukarela.

Sektor konsumsi merupakan bagian terbesar dari pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebanyak 53-54 persen di antaranya berasal dari konsumsi. Dengan Asian Games, konsumsi juga ditingkatkan dan memiliki dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Dengan acara ini, infrastruktur Indonesia juga tumbuh secara signifikan seperti percepatan pembangunan LRT, MRT, jalan dan renovasi GBK. Sehingga dampaknya luar biasa mencakup semua industri, semua tingkatan, dan pemangku kepentingan.

Ajang Asian Games 2018 juga berdampak besar pada perekonomian di sektor pariwisata. Dampak langsung terhadap perekonomian negara diprediksi bernilai Rp3 triliun dan menjadi ajang promosi untuk 7 destinasi di Indonesia, yaitu Jakarta dan Palembang, Bali, Banyuwangi, Bandung, Yogyakarta, dan Sumatra Selatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*